google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Pemutus sirkuit kebocoran pembumian (ELCB)
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Pemutus sirkuit kebocoran pembumian (ELCB)

     Pemutus sirkuit kebocoran pembumian (ELCB) adalah perangkat keselamatan listrik yang dirancang untuk mencegah sengatan listrik untuk instalasi dengan impedansi pembumian tinggi.

    Tugas ELCB adalah mendeteksi bahkan tegangan asing kecil yang dapat terjadi pada peralatan listrik seperti penutup logam, dan memutus sirkuit untuk menghindari kerusakan atau potensi cedera dalam kasus tersebut. Kebocoran pembumian menunjukkan bahwa proteksi pembumian yang dimaksudkan dari sistem kelistrikan tidak berfungsi seperti yang dirancang, menghadirkan kondisi yang tidak aman.

    Apa itu Pemutus Sirkuit Kebocoran Bumi

    Ada dua tipe dasar ELCB, dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

    2 Jenis Pemutus Sirkuit Kebocoran Bumi

    ELCB dikategorikan menjadi dua kelas utama:

    1. Pemutus Penginderaan Tegangan

    ELCB penginderaan tegangan berisi terminal yang menghubungkan saluran masuk/keluar, saluran masuk/keluar netral, pembumian, dan gangguan. ELCB berisi trip coil yang mendeteksi keberadaan tegangan. Dalam operasi normal, tidak akan ada tegangan melintasi kumparan perjalanan, memungkinkan aliran arus normal.

    Saat menerapkan ELCB, instalasi atau sirkit pembumian gedung mencakup koneksi ke terminal pembumian pemutus, termasuk konduktor pelindung sirkit (CPC) gedung. 

    Jika terjadi gangguan pembumian, seperti contoh di mana tegangan saluran bersentuhan dengan selungkup logam yang dilindungi oleh ELCB, tegangan pada gilirannya akan melewati kumparan trip, membuat pemutus tersandung dan melindungi peralatan terkait dan setiap manusia yang mungkin bersentuhan dengan listrik. perangkat.

    Sementara banyak ELCB penginderaan tegangan masih digunakan sampai sekarang, mereka biasanya tidak digunakan dalam konstruksi baru, sebagian karena kerugian dari perangkat ini:

    • Setiap pemutusan koneksi kabel ke bumi atau sumber arus hidup akan menghasilkan kegagalan ELCB, menjadikannya tidak berguna. Hal ini dapat mengakibatkan masalah keamanan yang parah, termasuk sengatan listrik yang parah pada manusia.
    • Koneksi ekstra diperlukan untuk menghubungkan sumber ke pemutus.
    • Perangkat lain yang terhubung ke sistem pembumian dapat menghasilkan tegangan eksternal yang menyebabkan pemutus putus.
    • Karena sifat instalasi ELCB, di mana sistem pembumian biasanya terhubung ke komponen bangunan seperti pipa logam, pemutus ini tidak memudahkan pemisahan menjadi beberapa bagian yang mempertahankan perlindungan independen dari kesalahan.

    Di sisi lain, ELCB jenis ini memiliki satu keunggulan, yaitu tidak sensitif terhadap kondisi gangguan yang menimbulkan gangguan trip pemutus. Ini tergantung pada lingkungan instalasi tertentu, seperti downline peralatan dari ELCB.

    2. Pemutus Penginderaan Saat Ini

    Pemutus penginderaan arus, juga disebut sebagai perangkat arus sisa (RCD) atau pemutus arus sisa (RCCB), adalah ELCB yang lebih umum digunakan saat ini. Mereka beroperasi melalui penggabungan transformator dengan tiga gulungan - dua primer dan satu sekunder. Dua gulungan primer mendukung sumber saluran dan kabel netral. Kumparan lilitan adalah belitan sekunder, dan dalam kondisi normal, seimbang dengan tegangan nol, karena saluran dan tegangan netral saling mengimbangi.

    Ketika terjadi gangguan, tegangan akan mengalir ke tanah, menciptakan kondisi yang tidak seimbang. Ini menghasilkan arus yang melewati sekunder, menyebabkan trip pemutus.

    Keuntungan dari RCCB meliputi:

    • Efisien dan murah
    • Lebih sedikit koneksi (hanya fase dan netral)

    ELCB dalam Praktek

    Perbedaan utama antara ELCB dan RCCB adalah:

    • RCCB mendeteksi gangguan pembumian, sedangkan ELCB dirancang hanya untuk mendeteksi gangguan pembumian yang dihasilkan melalui sambungan pembumian utama.
    • ELCB dirancang untuk bekerja berdasarkan kebocoran arus bumi, tetapi RCCB mendeteksi perubahan fase dan arus netral.

    Seperti kebanyakan peralatan keselamatan listrik, penting untuk menguji setiap jenis ELCB secara berkala, untuk memastikan berfungsi normal untuk memberikan perlindungan yang diinginkan. Ini adalah perangkat mekanis, dan kegagalan dapat terjadi.

    ELCB yang rusak atau meragukan harus segera diganti untuk menghindari kondisi yang tidak aman dan potensi kerusakan pada peralatan listrik yang terhubung.

    Menemukan ELCB yang Anda Butuhkan

    Ada banyak produsen ELCB dari berbagai jenis, antara lain:

    • Teknologi Utama
    • Fuji Listrik
    • ABB
    • Siemens AG
    • pohon kepiting
    • Schneider Electric

    Saat memutakhirkan atau mengganti ELCB, penting agar penggantian tersebut secara fungsional setara dan kompatibel dengan unit yang diganti. Usia sistem yang ditingkatkan dapat membuat ini menjadi tantangan yang signifikan. 

    LihatTutupKomentar