google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Memahami fungsi Auxiliary disamping kontaktor
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Memahami fungsi Auxiliary disamping kontaktor

    Definisi Kontaktor


    Berdasar pada The National Manufacture Assosiation (NEMA), bahwa kontaktor didefinisikan sebagai alat yang digerakan secara magnetis untuk menyambung dan membuka rangkaian listrik.
    fungsi Auxiliary


    Magnetic Contactor atau yang biasa disebut Kontaktor adalah sebuah komponen pengendali kelistrikan yang bekerja dengan prinsip elektromagnetik, prinsip kerja Kontaktor memanfaatkan 
    teori bahwa arus listrik yang mengalir pada sebuah kumparan tembaga akan menghasilkan medan magnet.

    Biasanya Kontaktor digunakan untuk sistem listrik 3 fasa. Kontaktor pada umumnya memiliki kontak utama untuk aliran 3 fasa, dan juga memiliki beberapa kontak bantu untuk berbagai keperluan. Tetapi tidak semua Kontaktor memiliki kontak bantu (Normally Open dan Normally Close), ada yang hanya mempunyai kontak utama tanpa adanya kontak bantu. Kontak utama digunakan untuk mengalirkan arus utama, yaitu arus yang diperlukan untuk beban. Sedangkan kontak bantu digunakan untuk mengalirkan arus bantu yaitu arus yang diperlukan untuk kumparan magnet, alat bantu rangkaian, lampu ­lampu indikator, dan lain-lain.

    Jenis Kontaktor
    Kontaktor tersedia untuk 1 phase dan 3 phase. Pada umumnya kontaktor yang digunakan adalah 3 phase.

    Kontaktor 1-phase
    Kontaktor 1 phase ini secara dasar memiliki coil (kumparan), main terminal, auxiliary contact (tidak di pasang sebagai tambahan seperti di 3 phase). Ada juga kontaktor yang tidak memiliki auxiliary contact. Secara struktur sangat sederhana karena yang open-close .

    Apa itu Auxiliary Contact?

    Pada kontaktor, terdapat auxiliary contact yang bertujuan untuk mengunci kontaktor agar terus bekerja walau perintah bekerja sudah tidak ada lagi dari operator (lihat terminal 13-14 (NO)). Selain itu, kontaktor dapat dipasang dengan auxiliary contact tambahan.
    LihatTutupKomentar